Google Street View di Indonesia

Leave a Comment
Setelah pertama kali di luncurkan di US sekitar tahun 2007, Google Street View telah merambah berbagai negara. Tercatat telah ada kurang lebih 57 negara yang telah didukung oleh Google Street View hingga kini.

Google Street View adalah salah satu layanan Google pada Google Maps dimana kita dapat secara virtual "berjalan-jalan" ke daerah manapun yang telah di support Google Street View dengan melihat photo-photo daerah tersebut secara panorama 360 derajat. 

Namun perlu diingat, photo pada Google Street View bukanlah photo realtime, tetapi merupakan photo-photo yang diambil dan dikumpulkan dalam waktu tertentu.

1. Kamera Google Street View
Awalnya Google bekerja sama dengan Immersive Media untuk Project Google Street View ini, namun pada tahun 2007 Google memutuskan untuk tidak bekerja sama lagi dengan Immersive Media dan mulai menggunakan Kamera sendiri untuk proses pengambilan gambar. 
Kamera Google Street View
Kamera Gooogle Street View ini menggunakan teknik pengambilan gambar dengan menggunakan sistem 11 lensa yang di sebut Dodeca 2360.
Nah ke-11 lensa ini merekam gambar dari 11 sudut yang berbeda berdasarkan geometri dedocahedron. Walaupun hasil akhir yang ditampilkan di Google Street View merupakan gambar (yang tidak bergerak), namun sebenarnya gambar yang di rekam oleh kamera ini adalah video full-frame yang dapat menangkap gambar 30 frame per detik dengan resolusi yang sangat tinggi.

2. Kendaraan-kendaraan Google Street View
Pada umumnya, kendaraan yang digunakan team Google Street View adalah mobil, namun pada beberapa daerah tertentu, untuk merekam gambar dipakai juga kendaraan 'khusus', tergantung dari medan di daerah tersebut. Berikut mobil & kendaraan-kendaraan 'khusus' tersebut yang dipakai oleh team Google Street View dalam pengambilan gambar :

A. Mobil Google Street View

Mobil Google Street View Indonesia
 B. Sepeda Google Street View

C. Orang yang membawa Kamera Google Street View
Bahkan di Venisia, Oranglah yang membawa kamera itu secara langsung dengan berjalan kaki menyusuri jalan-jalan di sana.

D. Unta
Dan yang lebih unik lagi adalah Team Google Street View yang mengambil gambar di Padang Pasir Liwa, sekitar 100 km di sebelah barat daya kota di Abu Dhabi ini dengan memakai Unta. Cukup Unik.. 


E. Di Laut
Untuk pengambilan gambar di laut, Google punya kamera khusus untuk itu dan bisa dilihat seperti di bawah ini.


3. Google Street View di Indonesia
Dimulai pada tahun 2012, tepatnya hari Jumat tanggal 23 November 2012, Google Street View resmi hadir di Indonesia. Indonesia adalah negara yang ke-45 yang didukung oleh Google Street View ini. 
Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu yang meresmikan layanan Google Street View pada saat itu. Dan Jakarta mendapat kehormatan sebagai kota pertama yang akan diambil photo-photonya, dengan dilanjutkan dengan kota-kota besar lainnya.
Menurut Andrew McGlinchey (Google Product Manager) pada saat itu, "Google Indonesia memiliki lebih dari 10 mobil yang dilengkapi kamera 360 derajat untuk memphoto tempat-tempat yang nantinya di masukkan ke data Google Street View. Jakarta menjadi kota pertama yang akan didata. Dan nantinya akan menyusul kota-kota lain dan daerah terpencil, selain itu juga photo-photo tersebut akan di update per satu atau dua tahun."



Selang 2 tahunan, seperti yang diposting Google Indonesia pada Official Page Google+ nya, tepatnya mulai tanggal 21 Agustus 2014 kita sudah dapat menikmati layanan Google Street View di Indonesia dan dapat mengakses tampilan Street Level dari Jakarta, Surabaya, Denpasar & Bogor.

Selain itu, kita juga dapat mengakses dan 'menjelajah' beberapa tempat wisata menarik, seperti Taman Nasional Komodo di sini.

4. Cara Mengakses Google Street View
Google Street View dapat dilihat melalui 2 cara, yaitu dari PC Desktop (web-view), ataupun dari smartphone Android kita.

A. PC Desktop (web-view)
Cara mengakses Google Street View cukup mudah, yaitu : 
- Ke url address   https://maps.google.com.
- Ketik alamat yang akan dituju di search kolom.
- Google Maps akan otomatis menaruh Pin di tempat yang anda request tadi.
- Tarik logo Street View (yang bergambar orang warna kuning, yang berada di sebelah kanan bawah) ke tempat yang sudah di Pin tersebut.

B. Google Street View di Smartphone Android
Untuk dapat mengakses Google Street View di smartphone Android.
- Pertama anda harus install Google Maps di Play Store jika belum ada, lalu install Google Street View.
- Buka aplikasi Google Maps tersebut.
- Ketik tempat yang anda tuju di kolom Search, seperti juga di versi Web nya, lalu Google Maps akan membuat Pin otomatis. 
- Swype ke atas tempat yang sudah di Pin tersebut.
- Klik gambar photo yang bertuliskan Street View.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di Screenrecord di bawah ini.



C. Akses Yang Lebih Mudah
Atau untuk lebih mudahnya untuk mengakses Google Street View, anda tinggal ketik http://www.instantstreetview.com di browser anda, lalu ketik alamat yang akan dituju, dan Street View nya langsung dapat dilihat. Cara ini berlaku untuk PC dan juga di browser smartphone Android.

Semoga bermanfaat.


Sumber :
1. Detikinet
2. Mashable
3. TNW
4. DailyMail
5. Okezone
6. Nortescambia
7. Kompas
8. Forbes

0 comments:

Post a Comment

Get Free Updates

Subscribe Now